Yuk Mengenal Perseverance, Robot Penjelajah Ruang Angkasa NASA yang Mendarat di Mars

Dahulu perjalanan ke luar angkasa hanya dilakukan oleh para astronaut, maka belakangan ini misi menjelajah luar angkasa ini sudah banyak yang digantikan oleh robot. Seperti salah satu robot penjelajah ruang angkasa NASA yang baru baru ini dikirim ke Mars untuk menjalankan misi penting. Penasaran dengan robot yang diluncurkan oleh NASA tersebut? Yuk simak informasinya dalam ulasan ini.

Kompetisi Untuk Nama Perseverance

Sebelum mendapatkan nama Perseverance, robot pada proyek NASA ini hanya dikenal dengan nama kodenya saja yakni Mars 2020. Akan tetapi melalui sebuah kompetisi yang diikuti oleh anak sekolah dasar, nama Perseverance kemudian lahir. Dimana kompetisi tersebut menarik sekitar 28 ribu masukan, dengan semua karya disertai dengan esai pendek sebanyak 150 kata.

Hingga kemudian Alexander Mather, seorang siswa berusia 13 tahun dari Virginia menyarankan nama Perseverance. Diketahui bahwa kompetisi tersebut merupakan sebuah tradisi yang selalu dilakukan ketika ada misi penjelajahan ke Mars. Seperti Microrover Flight Experiment yang kemudian diberi nama Sojourner oleh siswa berusia 12 tahun dari Connecticut.

Misi Perseverance Di Planet Mars

Seperti yang diketahui, bahwa robot penjelajah ruang angkasa NASA mengemban tugas misi penting. Sama seperti robot lain, Perseverance memiliki misi penting di Mars yakni memulai proses percobaan untuk membawa batuan planet tersebut kembali ke Bumi. Dimana batu dari planet merah tersebut rencananya akan dipelajari lebih lanjut oleh NASA.

Di Mars, Perseverance akan berguling guling melalui kawah ekuatorial. Kemudian robot tersebut harus mencari sampel batuan terbaik yang bisa disimpan untuk diambil oleh misi selanjutnya. Banyak ilmuwan berfikir, jika cara tersebut akan menjadi pendekatan paling baik untuk menentukan apakah di Mars pernah ada kehidupan atau tidak sama sekali.

NASA selalu menjalankan misi penjelajahan luar angkasa, dimana salah satunya adalah menjelajahi Mars untuk mengetahui apakah pernah ada kehidupan di planet tersebut. Untuk mengemban misi sulit ini, organisasi tersebut kemudian meluncurkan robot yang diberi nama Perseverance. Yang mana robot tersebut memiliki misi untuk mencoba membawa batuan Mars kembali ke Bumi guna dipelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *